Apa itu Ketosis

Apa itu Ketosis ? Ketosis adalah satu keadaan didalam tubuh, yang terjadi sebagai akibat dari minimnya kadar hidrat arang (karbohidrat) didalam tubuh. Sehingga keadaan ini mengakibatkan tubuh akan menggunakan lemak tubuh sebagai sumber energi. Meski begitu, penggunaan lemak tubuh secara berlebihan sebagai sumber energi bukannya tanpa masalah, karena proses berlebihan ini akan mengakibatkan tertumpuknya zat antara hasil pembakaran lemak tubuh yang disebut dengan zat keton.

Sebagai akibat dari menumpuknya zat keton karena jumlahnya yang berlebih didalam tubuh maka keadaan ini akan menyebabkan terjadinya ke–racunan zat keton, yang disebut dengan ketosis. Tanda tanda terjadinya ketosis adalah munculnya rasa mual, dehidrasi tubuh, dan lemah, bahkan bisa sampai pada level kegagalan fungsi ginjal.

Hidrat arang atau karbohidrat adalah salah satu dari sumber utama energi yang didapat dari jenis bahan makanan yang kaya akan karbohidrat seperti nasi, roti, kentang, dan sebagainya. Biasanya orang yang mengalami ketosis adalah mereka-mereka yang menjalani diet tinggi protein dan rendah karbohidrat.