Apa Itu Hormon Insulin

Apa Itu Hormon Insulin? Pertama, kita kenali dulu apa itu ‘Hormon”, hormon merupakan senyawa kimia atau zat kimia murni, berupa protein yang mempunyai fungsi atau bertugas untuk memacu atau menggiatkan proses metabolisme didalam tubuh. Sedangkan metabolisme itu sendiri adalah proses pengolahan (pembentukan dan penguraian “Katabolisme dan Anabolisme”) zat -zat yang diperlukan oleh tubuh agar tubuh dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

Hormon Insulin
Image credit: Unsulin by pcospregnancy.net, at pcospregnancy.net/images/insulin-resistance.jpg

Jadi Hormon Insulin adalah sejenis hormon alami yang dikeluarkan oleh pankreas. Hormon Insulin ini dibutuhkan dan diperlukan tubuh untuk mengangkut glukosa dari darah masuk kedalam sel, kemudian glukosa darah (gula darah) digunakan sel untuk dibuat energi yang dibutuhkan untuk menjalankan fungsinya.

Perlu Anda ketahui, hormon insulin dikasifikasikan menjadi beberapa tipe berdasarkan seberapa cepat insulin mulai bekerja dan seberapa lama insulin bekerja, maka insulin diklasifikasikan menjadi beberapa tipe:

Tipe insulin terdiri dari :
1. Aksi cepat (rapid acting)
2. Aksi pendek short acting)
3. Aksi menengah (intermediate acting)
4. Aksi lama (long-acting)
5. Campuran (Pre-mixed)

Nah pada penderita diabetes, tingkat gula darah sangat tinggi. Ini adalah kelainan yang terjadi sebagai akibat adanya sesuatu hal pada hormon insulin tersebut, seperti kurangnya fungsi atau kinerja hormon insulin, jumlah hormon insulin yang kurang, atau bahkan ketiadaan hormon insulin sama sekali. Tanpa insulin, sel-sel tubuh tidak menerima cukup glukosa, meskipun jumlahnya dalam peredaran darah cukup tinggi. Ini menyebabkan tubuh akan kekurangan energi.

Semoga informasi ringan mengenai insulin ini dapat menambah wawasan untuk Anda.