Apa Itu Diet Mayo

Apa Itu Diet MayoDiet Mayo adalah sebuah program penurunan berat badan atau sebuah program gaya hidup yang dirancang oleh para ahli kesehatan dari Mayo Clinic. Mayo diet clinic juga merupakan sebuah pendekatan seumur hidup untuk meningkatkan kesehatan Anda dan mempertahankan berat badan yang sehat.

Patung Drs. Charles and William Mayo, pendiri Mayo Clinic. Patung ini berada di depan gedung Mayo Clinic di Rochester, Amerika Serikat
Image credit: Statues of the founders, Drs. Charles and William Mayo by Jeremy Griffith

Program Diet Mayo menggunakan skema piramida yang disebut dengan Mayo Clinic Healthy Weight Pyramid sebagai panduan untuk membuat pilihan makan yang cerdas dan tentunya sehat. Gambarannya adalah, pada piramida tersebut buah dan sayur berada pada bagian terbawah dari piramida, yang berarti lebih diutamakan dan mendapat porsi lebih besar dari jenis makanan lainnya yang harus Anda makan. Sedangkan pada puncak piramida yang bentuknya semakin meruncing dan mengecil menandakan jenis makanan yang merupakan jenis makanan yang harus benar-benar Anda kurangi, atau bahkan Anda hindari, dan jenis makanan yang menempati puncak piramid dari diet mayo asli dari mayo clinic adalah ” Makanan Manis“.

Diet Mayo Berasal Dari Mayo Clinik

Apa itu Mayo Clinic atau Klinik Mayo ? Mayo Clinic atau Klinik Mayo adalah sebuah tempat pelatihan medis non profit atau sebuah grup penelitian medis non profit  yang berbasis di Rochester, Minnesota. Bisa dibilang ini adalah kelompok latihan medis non profit terpadu dunia, yang memperkerjakan lebih dari 3800 dokter dan ilmuwan, dan tidak kurang 50900 staf kesehatan dari seluruh dunia.

Piramida Diet Mayo
Tipsdiet.net

Pelatihan yang difokuskan disini adalah pelatihan untuk menangani kasus-kasus kesehatan sulit, yang mana penanganannya harus menggunakan perawatan tersier. Perawatan tersier adalah perawatan tingkat tiga dan merupakan perawatan tertinggi, yang penanganannya harus menggunakan peralatan dan teknologi tercanggih yang biasanya hanya ada di rumah sakit besar.

Bagi Anda yang belum tahu, sebenarnya istilah Diet Mayo adalah sebuah program diet atau sebuah program penurunan berat badan yang dirancang oleh banyak sekali ahli kesehatan yang berasal dari Mayo Clinic atau Klinik Mayo. Diluar negeri, mayo diet ini lebih dikenal dengan istilah Mayo Clinic Diet.

2 Fase Diet Mayo

Perlu Anda ketahui, didalam diet dari mayo clinic itu ternyata terdapat 2 fase atau 2 tahapan yang harus Anda lewati, apa sajakah itu:

Phase Lose It Diet Mayo

Tahap satu, yang dikenal dengan phase lose It adalah sebuah tahapan awal yang dirancang untuk dapat menurunkan berat badan Anda secara drastis. Dimana pada tahap ini Anda bisa menurunkan berat badan antara 6 sampai 10 pound dalam dua minggu, dengan cara yang aman dan sehat. Disini Anda akan belajar bagaimana menambahkan kebiasaan baik, dan mengetahui kebiasaan buruk yang yang nantinya akan Anda tinggalkan untuk membantu Anda sukses.

Selama menjalankan diet, Anda disarankan untuk selalu berpatokan kepada Mayo Clinic Healthy Weight Pyramid sebagai panduan. Sehingga Anda tahu, mana sebaiknya makanan yang harus dikonsumsi dan mana makanan yang sebaiknya dihindari. Dan dari info yang kita dapatkan, pada fase ini Anda akan menjalankan diet 1200 kalori untuk perempuan, dan 1400 kalori untuk pria.

Diet Mayo dari Mayo Clinic merekomendasikan bahwa 57 persen dari kalori per hari harus berasal dari karbohidrat, 21 persen dari protein dan 22 persen dari lemak. Disarankan, lemak yang dikonsumsi berasal dari makanan yang mengandung asam lemak tak jenuh ganda atau tunggal, dan sebisa mungkin mengurangi konsumsi lemak jenuh.

Berikut ini beberapa contoh makanan yang merupakan sumber lemak tak jenuh:

  • Lemak tidak jenuh tunggal
    Lemak tak jenuh tunggal bisa Anda dapatkan dari: kacang-kacangan seperti almond, mete, kacang tanah, olive oil atau minyak zaitun, alpukat, kemiri, alpukat, dan masih banyak lagi.
  • Lemak tidak jenuh ganda
    Lemak tak jenuh ganda bisa Anda dapatkan dari: kacang kedelai, chestnut, kenari, biji wijen, biji bunga matahari. Bahkan Asam lemak omega 3 yang merupakan salah satu bentuk dari lemak tak jenuh ganda dapat diperoleh dari ikan laut seperti ikan salmon dan makarel.

Selain itu pada fase lose it juga membatasi konsumsi gula kurang dari 6 persen dari total kalori harian Anda dan menetapkan asupan natrium atau konsumsi garam Anda hanya 1.500 hingga 2.300 miligram saja perhari.

Phase Live It Diet Mayo

Pada tahap yang kedua ini, Mayo Clinic akan membantu Anda terus kehilangan 1 sampai 2 pound per minggu sampai Anda mencapai berat badan idaman Anda. Setelah itu, Anda akan mendapatkan bimbingan ahli dan teknik untuk membantu Anda menjaga berat badan Anda agar tidak naik lagi.

Pada tahap ini Anda hanya akan mengurangi porsi kalori Anda sebanyak 500 hingga 1000 kalori saja dari makan normal Anda setiap harinya. Namun sebenarnya Anda bisa saja mengatur besaran kalori yang ingin dikurangi setiap harinya, ini tergantung dari seberapa cepat Anda ingin menurunkan berat badan Anda.

Tapi diet mayo dari mayo clinic memberikan batasan terendah atau minimum kalori yang harus Anda konsumsi adalah 1200 kalori untuk wanita dan 1400 kalori untuk pria. Mayo Clinic tidak menyarankan Anda untuk diet dibawah angka tersebut karena bisa menyebabkan tubuh kekurangan kalori.

Manfaat dan Tujuan Diet Mayo

Tujuan dan manfaat dari Diet dari mayo clinic ini adalah untuk membantu Anda dan kita semua untuk dapat menurunkan berat badan berlebih dengan cara yang sehat dan membantu mengajarkan bagaimana caranya memilih makanan sehat berserta porsinya dan juga untuk mengembangkan kebiasaan gaya hidup sehat kepada kita sehingga kita semua dapat mempertahankan berat badan yang sehat selama kita hidup.

 The Mayo Clinic Diet :

” membuat perubahan yang sehat dalam diet dan olahraga dapat mengurangi risiko masalah kesehatan berkaitan dengan berat badan, seperti diabetes, penyakit jantung, tekanan darah tinggi dan apnea tidur “

Prinsip Dasar Diet Mayo Asli Dari Mayo Clinic

Pada prinsipnya, dasar dari diet ini adalah merubah kebiasaan pola hidup kita kearah yang lebih baik. Yaitu kita dianjurkan mengadopsi 5 kebiasaan yang baik, dan membuang 5 kebiaasaan buruk, seperti :

5 Kebiasaan baik yang harus diadopsi dalam keseharian kita

  • Sarapan dengan makanan yang sehat, tapi tidak terlalu banyak
  • Perbanyak makan sayur dan buah-buahan
  • Konsumsi Whole Grain, gandum atau makanan berserat yang berasal dari biji-bijian
  • Konsumsilah lemak sehat
  • Banyak bergerak atau berolah raga secara teratur

5 Kebiasaan buruk yang harus dibuang

  • Hindari kebiasaan nonton Tv sambil makan atau ngemil
  • Kurangi makan makanan yang manis, kecuali yang berasal dari buah-buahan
  • Menghindari snack kecuali buah dan sayuran
  • Menjaga pola makan daging-dagingan, dan hanya mengkonsumsi susu rendah lemak
  • Hindari makan di restoran seperti junk food, kecuali yang sejalan dengan program

Seperti yang tadi diawal sudah sedikit dijelaskan, Diet mayo menggunakan skema piramida yang disebut dengan Mayo Clinic Healthy Weight Pyramid sebagai panduan untuk membuat pilihan makan yang cerdas dan tentunya sehat. Dasar piramida biasanya terdiri dari makanan yang yang mempunyai porsi besar dalam diet sehat Anda, dan merupakan makanan mempunyai prioritas utama. Sebaliknya, makanan yang Anda harus makan dalam jumlah yang lebih kecil atau lebih jarang akan ditunjukkan dalam bagian yang lebih kecil dari piramida, yaitu pada bagian atas.

Para ahli menyadari, tidak ada makanan tunggal yang  mampu memberikan semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh, sehingga idenya adalah untuk tetap makan berbagai makanan sehat dari setiap kelompok makanan, tapi dalam porsi yang pas dan tepat. Sehingga tubuh tetap sehat karena mendapatkan semua nutrisi yang diperlukan, tapi target dari diet pun tetap tercapai.

Selain itu, sebagian ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan seperti:

  • Perbanyak makan makanan nabati seperti buah-buahan, sayuran dan biji-bijian
  • Perbanyak minum air putih, minimal 8 gelas/hari atau 2 liter/hari
  • Pilih protein tanpa lemak dari berbagai sumber
  • Batasi makanan manis
  • Kontrol ukuran porsi
  • Jadilah aktif secara fisik

Contoh Menu 1 Hari Diet Mayo Clinic

Berikut ini contoh menu diet dari mayo clinic: 1200 kalori untuk 1 hari, yang dicontohkan oleh Mayo Clinic:
WAKTU MAKAN MENU

Makan Pagi

Breakfast

1 buah pisang ukuran kecil
1/2 cangkir sereal (bran cereal)
Susu bebas lemak 1 cangkir
Teh herbal

Makan siang

Lunch

Sandwich kalkun dibuat dengan 4 ons dada kalkun potong, 1 sendok makan mayones rendah kalori, irisan tomat, daun selada dan 2 iris roti gandum
2 cangkir mentah wortel kecil, jicama dan irisan paprika
1 apel kecil
Air

Makan Malam

Dinner

2 ons daging sapi tenderloin panggang
2/3 cangkir kacang hijau kukus
3 kentang ukuran kecil dengan 1 sendok teh margarin bebas lemak trans
Salad yang dibuat dengan 2 gelas selada butterhead (Boston atau bibb) atau daun selada, 1/2 cangkir tomat ceri dan 2 sendok makan salad dressing bebas lemak
Air soda dengan lemon
Untuk Snack atau cemilan, Anda bisa makan 1 buah pear ukuran kecil

Anda juga bisa melihat contoh menu-menu sehat lainnya dari mayo clinic disini: menu sehat mayo clinic

Mungkin untuk orang indonesia beberapa menu tersebut bisa dirubah sesuai dengan kebutuhan. Oh iya, pada artikel selanjutnya kita akan coba membahas menu diet serupa tapi tak sama, yaitu diet mayo 13 hari yang lagi trend di Indonesia saat ini. Jadi, semoga artikel tentang diet dari mayo clinic ini bisa memberikan Anda gambaran bahwa sesungguhnya diet ini sangat berbeda dengan diet sejenis meski mungkin ada persamaan pada namanya, dan mudah-mudahan ini bisa membuka sedikit wawasan tentang apa itu diet mayo yang sesungguhnya.