Apa Itu Diet Golongan Darah

Diet golongan darah, Apalagi itu? Bukannya  yang namanya diet itu adalah semua hal yang berhubungan dengan mengontrol berat badan, dan mengontrol pola makan saja. Lalu apa itu diet berdasarkan golongan darah.

Awal Mula Diperkenalkannya Diet Berdasarkan Golongan Darah

Dr. Peter J. D'adamo

Dr. Peter J. D’adamo
source: twitter.com/peterdadamo

Pada tahun 1996, seorang dokter Naturopathy asal Amerika Serikat bernama Dr. Peter J. D’Adamo, merilis sebuah buku yang berjudul “Eat Right 4 Your Type”. Buku tersebut berisi tentang hasil dari penelitian Dr. Peter J. D’Adamo , yang untuk pertama kalinya memperkenalkan bahwa adanya hubungan antara golongan darah dan diet.

Penelitian Diet Berdasarkan Golongan Darah oleh Dr. Peter J. D’Adamo

Dasar dari penelitian yang dilakukan oleh Dr. Peter J. D’Adamo adalah, bahwa golongan darah adalah “kunci yang membuka pintu ke misteri kesehatan, penyakit, umur panjang, vitalitas fisik, dan kekuatan emosional.”  Dr D’Adamo menjelaskan bahwa penerapan praktis dari jenis darah “gologan darah” memungkinkan Anda untuk membuat pilihan informasi tentang diet Anda, olahraga, suplemen, dan bahkan rencana perawatan medis.

Hasil Penelitian Diet Berdasarkan Golongan Darah oleh Dr. Peter J. D’Adamo

Dr. Peter J. D’Adamo dalam bukunya menjelaskan bahwa, manusia yang memiliki tipe darah yang berbeda pasti akan mempunyai reaksi yang berbeda pula, terhadap makanan yang dimakannya .

Hal tersebut terjadi karena ada efek / reaksi yang muncul akibat masuknya protein yang bernama “lektin” kedalam tubuh, dari makanan yang dikonsumsi. Jadi intinya, protein / lektin yang masuk kedalam tubuh dari jenis makanan tertentu , bisa bermanfaat untuk tipe darah tertentu, tapi bisa juga malah merugikan untuk tipe darah lainnya. Lektin bisa terdapat pada berbagai jenis makanan, baik itu hewani ataupun nabati.

Dari makanan yang kita konsumsi, protein / lektin tersebut masuk dan diserap oleh tubuh. Namun tidak semua protein / lektin yang berasal dari makanan tertentu bisa cocok dengan tipe darah tertentu juga. Akibatnya, apabila terjadi ketidak cocokan antara lektin dan tipe golongan darah tertentu adalah terjadinya penggumpalan sel darah merah atau yang disebut dengan aglutinasi.

Penggumpalan sel darah merah (aglutinasi) yang merupakan efek atau reaksi akibat ketidak cocokan antara lektin yang masuk dengan tipe darah tertentu inilah yang mengakibatkan munculnya bebagai keluhan kesehatan, seperti kanker, ginjal, stroke, hipertensi, dan masih banyak lagi.

Dari hasil penelitian tesebut, Dr. Peter J. D’Adamo kemudian melanjutkan penelitian dengan mengecek  efek / reaksi dari semua tipe golongan darah dengan berbagai jenis makanan.  Dan hasilnya Dr. Peter J. D’Adamo berhasil menyusun daftar makanan apa saja yang cocok dengan setiap tipe darah. Jadi diharapkan, manfaat dari disusunnya daftar makanan tersebut adalah, setiap orang bisa terhindar dari reksiko aglutinasi, yang merupakan sumber dari berbagai jenis penyakit. Menurut Dr. Peter D’adamo, inilah pentingnya melakukan apa yang dinamakan diet berdasarkan golongan darah.

Dari situlah diet golongan darah mulai dikenal dikalangan luas, dan mulai dikenal jugalah apa itu diet golongan darah O, diet golongan darah A, B, dan AB. Semuanya bermuara pada list daftar makanan yang sudah dibuat dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Dr. Peter J.D’adamo. Pada artikel berikutnya Tipsdiet.net akan melanjutkan bahasan ke “diet golongan darah O, A, B,dan AB“. Semoga bermanfaat.