Apa Itu Diet Alkaline?

Jika anda saat ini ingin sekali mendapatkan bentuk tubuh yang ideal, ada berbagai jenis diet yang dapat anda lakukan. Mungkin kita sudah mengenal diet berdasarkan golongan darah. Namun ternyata masih ada diet lainnya yang mulai terkenal saat ini, yaitu diet alkaline.

Image Credit : adult artistic beauty concept diet face fashion. By : PublicDomainPictures. Via : http://pixabay.com/en/adult-artistic-beauty-concept-diet-19025/

Jadi, apa itu diet alkaline?

Diet alkaline adalah sebuah metode diet dengan menggunakan pengaturan pola makan untuk menyeimbangkan pH di dalam tubuh. Program diet ini ternyata sudah digunakan oleh beberapa artis terkenal seperti Kirsten Dunst, Anna Faris, dan Gwyneth Paltrow, dan mereka mendapatkan hasil yang sangat bagus.

Dasar teori dari diet alkaline adalah mempertahankan keseimbangan ph dalam darah dengan memasok makanan ke dalam tubuh yang bersifat basa untuk menyeimbangkan antara asam dan basa di dalam tubuh.

Menyeimbangkan pH hingga tingkat optimal adalah cara kerja program diet ini, kemudian membangun sel dan jaringan, sehingga tubuh menjadi sehat. Dengan melakukan diet ini, itu berarti kita telah melakukan detoksifikasi atau pembuangan racun dari dalam tubuh, sehingga tubuh dapat berfungsi dengan baik dan terjauh dari berbagai penyakit yang berbahaya.

Beberapa manfaat dari diet alkaline adalah :

menurunkan berat badan, meningkatkan system metabolisme tubuh, meningkatkan energi, serta mengurangi nyeri yang dirasakan oleh tubuh. Selain itu, diet ini juga berfungsi untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan dan kadar gula dalam darah. Dengan diet ini maka kekebalan tubuh akan meningkat dan juga penuaan dini bisa diperlambat. Apalagi, jika anda mengonsumsi makanan bersifat basa maka gigi anda akan lebih sehat dan kuat.

Contoh Makanan Untuk Diet Alkaline :

  • Selada, Alpukat, Kacang Kedelai & Susu Kedelai, Kelapa, Lemon Dan Sebagian kacang-kacangan
  • Sayuran Hijau yang Kaya Akan Klorofil
  • Macam-macam Buah Berry

Untuk anda yang masih belum mengenal metode diet ini, maka sebaiknya segera cari informasi yang lebih detail dari berbagai sumber supaya diet yang akan anda jalankan menjadi diet yang menarik dan hasilnya sesuai dengan yang anda harapkan. Atau jika perlu, anda bisa menanyakan hal ini kepada teman atau saudara yang sudah melakukan diet alkaline dan hasilnya sangat menarik untuk di ikuti dan anda praktekan.