Apa itu Bangle / Rimpang Bangle Si Bahan Pelangsing Alami

Apakah Anda tahu apa itu bangle atau rimpang bangle ? Salah satu bahan herbal yang sering digunakan untuk bahan pelangsing alami. Jika Anda sedang mencari infonya, maka artikel ini mungkin sedikit banyak akan bisa membantu apa yang sedang Anda cari.

Apa Itu Bangle atau Rimpang Bangle ?

Zingiber purpureum Roxb adalah nama latin dari bangle atau rimpang bangle. Bangle adalah salah satu tanaman obat yang sering juga digunakan untuk campuran ramuan pelangsing herbal atau pelangsing alami, dan bagian yang sering digunakannya adalah bagian rimpangnya.

Tanaman ini bisa hidup di ketinggian 1300m diatas permukaan laut, dan juga bisa hidup dengan baik sebagai tanaman perkarangan asalkan mendapat sinar matahari yang cukup. Tanaman bangle bisa besar dan tinggi hingga mencapai ± 1,5m, berbatang semu dan hampir mirip dengan tanaman jahe. Rasa dari bangle adalah pahit, pedas dan mempunyai aroma khas yang kurang enak seperti halnya tanaman-tanaman obat lainnya.

Nama lain dari bangle atau rimpang bangle

Di Indonesia, tanaman bangle mempunyai penyebutan atau nama yang berbeda di beberapa daerah, seperti:

  • Sunda: Panglai
  • Jawa: Bengle
  • Bali: Banggele
  • Madura: Pandhiyang
  • Sumatera: Bengle, bungle, baglai, baniai, Mugle, banglai, bunglai, bangle, kunit bolai, kunyit bolai
  • Sulawesi: Bangerai, wangelei, Mangulai, kukuniran, walegai, bale, panini
  • Maluku: Unin makei, unin pakei, bangle, bongle
  • Kalimantan: Bangalai

Kandungan bangle atau rimpang bangle

Berikut ini adalah beberapa kandungan kimia atau senyawa yang terdapat pada rimpang bangle, seperti senyawa flavonoid, saponin, tanin, triterpenoid,
minyak atsiri, dan glikosida. Menurut Depkes RI, 2001; Chanwitheesuk et al., 2005; Iswantini dkk., 2011, bangle mengandung: saponin, flavonoid, steroid, triterpenoid, minyak atsiri, tanin, antioksidan seperti vitamin C, vitamin E, karoten, dan senyawa fenolik.

Perlu Anda ketahui, terpenoid adalah golongan senyawa yang terdapat pada rimpang bangle yang umumnya memiliki aktivitas antibakteri. Dan tidak hanya itu, beberapa golongan senyawa flavonoid dan tanin juga diketahui mempunyai aktivitas antibakteri. Bangle banyak digunakan dalam campuran ramuan pelangsing karena kandungan senyawa aktifnya dapat  meluruhkan lemak .