Apa Itu Asam Lemak Trans

Apa Itu Asam Lemak Trans ? Akhir-akhir ini, asam lemak trans semakin sering saja dibicarakan karana dianggap sebagai sumber terjadinya penyakit jantung koroner, dan penyakit-penyakit berbahaya lainnya. Jadi apa dan seberapa bahayakah Asam Lemak Trans itu, simak info lengkapnya berikut ini.

ASAM LEMAK TRANS

Asam Lemak Trans
Illustration Image credit: Bread with butter by Bruno neves, at www.freeimages.com/photo/494280

Jika Anda sebelumnya tidak tahu apa itu Asam lemak trans, maka Admin akan jelaskan secara singkat apa itu asam lemak trans. Asam lemak trans adalah asam lemak tidak jenuh yang terbentuk dari sebuah proses pemadatan lemak cair (lemak tidak jenuh (MUFA/PUFA)) dengan cara dipanaskan pada suhu yang tinggi lalu kemudian ditambahkan zat hidrogen. Proses ini biasa dikenal dengan nama proses Hidrogenasi, dan contoh dari hasil proses hidrogenasi ini adalah margarine. Margarine adalah minyak nabati yang dikentalkan dengan proses hidrogenasi

MUFA adalah singkatan dari Monounsaturated fatty acid (asam lemak tak jenuh tunggal), sedangkan PUFA adalah singkatan dari Polyunsaturated fatty acid (asam lemak tak jenuh jamak).

Sebenarnya tujuan dari proses hidrogenasi ini adalah tidak serta merta hanya untuk mengentalkan lemak tidak jenuh yang bersifat cair tersebut, tapi bertujuan juga supaya lemak cair tersebut tidak mudah atau tidak cepat teroksidasi dan basi, karena secara alamiah Asam lemak tidak jenuh akan lebih mudah teroksidasi dan berbau busuk karena tidak memilki ikatan hidrogen yang penuh. Namun sayangnya, dibalik itu semua tidak banyak yang sadar akan bahaya dari proses hidrogenasi ini.

Bahayakah Asam Lemak Trans

Bahaya akan konsumsi Asam lemak trans ini memang tidak bisa kita sepelekan, karena bahaya lemak buatan yang berubah jadi “Asam Lemak Trans” ini salah satunya adalah “Meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL – Low-density lipoprotein) yang ada di dalam aliran darah” dan ” Mengurangi kadar kolesterol baik (HDL – High-density lipoprotein ) yang sudah ada dalam darah”.

Pengaruh asam lemak trans ini lebih buruk daripada efek negatif asam lemak jenuh dan kolesterol (Oomen, et.al., 2001; Matsuzaki, etal., 2002; Wardlaw and Kessel, 2002; Silalahi dan Tampubolon, 2002)

Beberapa penelitian berikut ini menunjukan akan bahaya dari Asam Lemak Trans. Disini kami tak menjelaskan dengan sangat rinci proses dari penelitian tersebut, tapi kami tarik garis besar dari hasil penelitian tersebut saja.

Penelitian yang dilakukan Universitas Maryland yang menunjukkan bahwa konsumsi asam lemak trans dari minyak/lemak nabati yang dikentalkan menggunakan proses hidrogenasi mempunyai dampak yang buruk terhadap kesehatan, seperti penyakit jantung, kanker, diabetes, imunitas, reproduksi, laktasi serta kegemukan.

Penelitian lain juga dilakukan oleh para peneliti dari Universitas Harvard. Dalam penelitian prospektif jangka panjang tersebut mereka melakukan evaluasi kepada lebih dari 85.000 wanita. Dari hasil penelitian tersebut, para peneliti menemukan bahwa wanita-wanita yang menderita penyakit jantung tersebut secara signifikan terdapat asupan asam lemak trans dengan kadar tinggi.

Penelitian terbaru diluar Amerika akan bahaya lemak trans juga menunjukan hasil yang tidak bisa kita abaikan, terutama Anda para wanita. Karena hasilnya menunjukan bahwa asam lemak trans berdampak pada organ reproduksi dan menurunkan jumlah/volume susu bagi mereka yang sedang laktasi (Menyusui).

Tahun 2004, Menteri kesehatan Belanda memperkirakan, orang yang meninggal karena konsumsi lemak trans adalah 1000 orang lebih /tahun, kemudian beliau membandingkan dengan jumlah orang yang meninggal karena kecelakaan mobil di Belanda ditahun 2004 adalah sekitar 880 orang. jadi menurut beliau, lemak yang dihidrogenasi jauh lebih mematikan dibanding kecelakaan mobil di Belanda.

Itulah ulasan singkat mengenai “Asam Lemak Trans“. Kurang atau lebihnya informasi akan lemak trans ini mungkin akan coba kami bahas pada artikel selanjutnya. Jadi, tetaplah menjaga kesehatan Anda. Semoga bermanfaat.