Anoreksia Adalah ?

Anoreksia adalah bisa dibilang sebuah penyakit, dimana penderitanya membiarkan dirinya kelaparan meskipun sebenarnya dirinya merasakan lapar dan berselera terhadap makanan. Anoreksia atau biasa disebut dengan Anoreksia Nervosa, juga bisa disebut sebagai kelainan pola makan, dimana dia terobsesi pada berat badan dan sangat ingin kurus, sehingga rela membiarkan dirinya tidak makan, bahkan terkadang rela melakukan olah raga hingga sangat kelelahan, meskipun badannya sudah terlihat kurus oleh orang lain.

Anoreksia Adalah

Valeria Levitin, salah satu wanita yang mengalami Anoreksia

Bahkan menurut Psikolog, penyakit anoreksia adalah gangguan psikologis, dimana sipenderita memiliki perspektif yang salah, atau cara pandang yang salah terhadap tubuhnya. Dan tidak hanya memiliki perspektif yang salah, penderita anoreksia juga meng’aplikasikan pada pola makannya, sehingga mempengaruhi fisiknya dengan cara yang sangat ekstreem. Psikolog juga menyebutkan bahwa sebagian besar penderita anoreksia adalah perempuan.

Anoreksia Adalah Kelainan Pola Makan

Saat ini, kebanyakan mereka-mereka yang terkena anoreksia adalah publik figur, dan juga model, atau seseorang yang bercita-cita ingin menjadi salah satunya. Ketika seseorang menjadi publik figur atau model, maka artinya image yang menempel pada publik figur dan model tersebut adalah bentuk tubuh yang bagus dan juga sempurna.

Namun yang perlu kita pahami, sebenarnya kita sebagai masyarakat juga sebenarnya sedikit turut andil membentuk image bahwa publik figur, model, bahkan artis itu harus langsing, bertubuh bagus, dan juga harus sempurna. Namun pada akhirnya, sadar atau tidak, pandangan atau image dari masyarakat seperti itulah yang tanpa ada yang menyadari, sedikitnya  bisa mendorong, atau menjadi preasure (tekanan), kepada beberapa publik figur atau model, sehingga mereka terdorong untuk melakukan hal-hal yang tak lazim dan diluar kebiasaan, seperti diet ketat bahkan ekstrem, guna untuk bisa memiliki tubuh langsing, ideal, dan juga sempurna, sehingga pada akhirnya beberapa diantaranya terkena anoreksia.

Beberapa pengertian anoreksia, dari beberapa sumber

Berikut ini beberapa pengertian anoreksia dari beberapa sumber, meski sedikit berbeda dari cara menyampaikan, namun inti dari yang disampaikan tetaplah sama.

Anoreksia adalah sebuah aktifitas untuk menguruskan tubuh atau badan, dengan membatasi makan secara sengaja, bahkan melakukan kontrol makanan yang sangat ketat. Penderita anoreksia sangat sadar bahwa mereka merasa lapar, namun anehnya mereka merasa takut untuk memenuhi kebutuhan makan mereka, karena takut berakibat pada berat badan yang naik, bahkan entah kenapa penderita anoreksia mati-matian menahan rasa lapar dan berusaha sekeras mungkin untuk tidak mengkonsumsi makanan dalam jumlah yang banyak, sehingga badan mereka menjadi seperti kurus kering, atau tinggal tulang dibalut kulit.

Dalam ilmu kesehatan Anoreksia bisa disebut sebagai kelainan psikis yang bisa dialami oleh seseorang/siapapun, berupa kekurangan nafsu makan meskipun sesungguhnya dirinya merasakan rasa lapar, dan berselera terhadap makanan. Namun terkadang ada juga diantara mereka yang makan juga, namun seketika itu juga memuntahkannya kembali dengan sengaja.

Jadi bagi Anda yang melakukan diet ketat karena terobsesi mempunyai berat badan yang kurus, maka berhati-hatilah mulai dari sekarang. Karena terlalu kuruspun bisa menjadi bumerang bagi Anda, sehingga menyebabkan Anda terkena Anoreksia. Tampil sempurna, langsing, dan menarik memang impian siapa saja, tapi jangan juga terlalu terobsesi dengan masalah ini, karena sesungguhnya anoreksia adalah hantu bagi mereka-mereka yang terlalu terobsesi dengan badan yang kurus. Semoga bermanfaat.