7 Kebiasaan Buruk Yang Bisa Membuat Anda Gemuk

Bagi Anda yang peduli dengan berat badan Anda, maka info ini mungkin akan sangat menarik untuk Anda baca. Pasalnya beberapa 7 kebiasaan buruk ini bisa jadi cikal bakal berat badan Anda naik tanpa Anda sadari. Meskipun sebenarnya beberapa kebiasaan yang akan disebutkan nanti tidak berdampak langsung pada berat badan Anda, namun bisa jadi sebuah gerbang mimpi buruk yang akan terjadi pada Anda di masa yang akan datang.

Image illustration credit: Fat man by Murat, at http://www.toonpool.com/cartoons/fat-man-and-toilet-queue_138384

Berikut ini adalah 7 kebiasan buruk selain terlalu banyak makan yang tidak kita sadari dapat memicu terjadinya kegemukan, simak dibawah ini:

1. Belanja Tanpa Daftar Belanjaan

Banyak yang berkata, perencanaan adalah setengah dari pertempuran. Karena dengan membuat list daftar belanjaan yang hendak dibeli maka setidaknya Anda bsia mengontrol membeli segala sesuatu yang tidak perlu. Dengan menjadikan daftar belanja sebagai senjata dan berkomitmen kuat untuk menurunkan berat badan dan menjaganya maka Anda sudah peduli terhadap kenaikan berat badan Anda.

Dengan membuat daftar belanja maka diharapkan Anda bisa fokus pada apa yang hendak Anda beli saja, Anda bisa terhindar dari membeli makanan snack yang tidak perlu dan mengabaikannya. Luangkan sedikit waktu untuk memikirkan apa yang akan Anda masak esok hari, dan rincilah bahan makanan apa yang hendak dibeli esok hari, karena tanpa list maka Anda bisa saja membeli makanan-makanan yang tidak seharusnya dibeli.

2. Sharing Foto Makanan Bisa Menyebabkan Berat Badan Naik

Tahukah Anda, ternyata berbagi foto makanan di sosial media seperti facebook, pinterst, atau sosial media lainnya bisa membuat seseorang tergerak untuk mencobanya. Apalagi foto yang diunggah tersebut memiliki tampilan yang sangat menarik. Ini bisa menjadi masalah bagi Anda yang sedang menjalani program diet penurunan berat badan. Karena foto-foto tersebut bisa membuat air liur kita menetes dan mendorong seseorang untuk mencoba makanan yang tinggi kalori.

Penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar orang yang sedang berjuang dengan berat badan mereka jauh lebih rentan terhadap lingkungan mereka, termasuk gambar makanan yang dapat mendorong mereka untuk makan, bahkan disaat mereka sedang tidak lapar sekalipun.

3. Terlalu Sering Minum Minuman Berkalori Tinggi

Terlalu banyak mengkonsumsi kalori cair pada minuman-minuman kemasan, soft drink/minuman bersoda, sport drink, energy drink,  air mineral dengan perasa, minuman beralkohol,  berisiko untuk menjadikan tubuh Anda kelebihan berat badan di masa depan. Terlalu banyak kalori cair terkait erat dengan obesitas dan diabetes tipe 2. Cobalah untuk menikmati kopi dan teh bebas kalori, karena selain nikmat mereka juga menyediakan antioksidan yang bermanfaat untuk tubuh.

4. Kebiasaan Makan/Mengemil Dimalam Hari

Penelitian memperingatkan bahwa orang yang makan atau ngemil dimalam hari / mengkonsumsi sebagian besar kalori mereka di malam hari, lebih mungkin akan mengalami kelebihan berat badan dibandingkan dengan orang yang makan sebagian besar kalori mereka selama siang hari. Bahkan, para peneliti menemukan bahwa mereka yang makan setelah jam 8:00 adalah prediktor independen dari berat badan dan berkorelasi dengan total konsumsi energi harian.

Dikhawatirkan, ngemil atau makan dimalam hari bisa membuat Anda mendapatkan jumlah kalori yang berlebih dari jumlah total kalori yang dibutuhkan oleh tubuh Anda. Surplus kalori inilah yang lambat laun menumpuk dan membuat berat badan anda merangkak naik.

5. Terlalu Sering Mengkonsumsi Makanan Manis

Makanan dan minuman manis tentu sangat nikmat saat disantap. Sehingga, kadang disaat tersebut biasanya kita akan kesulitan mengontrol nafsu makan kita karena saking asiknya makan makanan tersebut. Alhasil jumlah gula dan kalori yang masuk sangat banyak dan tidak terkontrol. Jika Anda sering melakukan hal ini maka cepat atau lambat obesitas akan mengancam Anda dengan segala reksiko buruk yang menyertainya.

6. Kurang Tidur Salah Satu Faktor Penyebab Kegemukan

Tidurlah yang cukup, karena para ahli mengingatkan bahwa tidur yang sehat adalah salah satu yang tak kalah penting saat diet. Membiarkan diri Anda kurang tidur bisa mengakibatkan tubuh menghasilkan hormon stres seperti kortisol, yang terbukti dapat meningkatkan penyimpanan lemak. Rata-rata tidur yang sehat adalah 7-8 jam sehari, meskipun setiap orang pasti mempunyai kondisi tidur yang berbeda, tapi usahakanlah tidur yang cukup.

7. Tidak Punya Waktu Untuk Berolah Raga

Tidak punya waktu untuk berolah raga adalah salah satu alasan kebanyakan orang saat ditanya kenapa diet mereka tidak berhasil. 150 menit seminggu adalah lama waktu yang direkomendasikan untuk berolah raga. Jadi kalo dirata-ratakan hanya perlu 25-30 menit sehari untuk berolah raga. Jika 25-30 menit sehari terdengar seperti terlalu banyak, cobalah pergi berjalan-jalan saat istirahat makan siang, atau  jika kantor Anda ada dilantai atas pergunakanlah tangga untuk naik dan turun. Ingat, setiap jumlah latihan selalu lebih baik daripada tidak sama sekali.

Setelah membaca beberapa info penting ini, kebiasaan manakah yang sering Anda lakukan? Apa Anda akan berniat mengubahnya? Semua berharap Anda melakukan yang terbaik untuk hidup Anda. Semoga bermanfaat.