6 Jenis Makanan Yang Baik Saat menjalankan Diet

Seperti apa sih makanan yang baik saat menjalankan diet itu? Karena banyak orang merasa kalau sebagian kesenangannya akan hilang begitu saja saat mereka mulai menjalani sebuah program diet. Bagaimana tidak, saat program diet itu berjalan maka orang tersebut harus membatasi konsumsi makanan-makanan yang dia suka, terlebih adalah makanan favorit  yang mengandung banyak lemak dan kolesterol tinggi seperti daging-dagingan dan makanan junk food yang sering menemani kita setiap hari.

Image Credit : light feta salad Salad on white plate with some feta cheese, mini carrots, cherry tomatos, cucumber, and red bell pepper. By: typofi @http://www.freeimages.com/photo/1194851

Diet yang baik tentu bermanfaat dan bisa membantu kita menemukan kembali kesehatan yang kita idamkan selama ini. Mengkonsumsi makanan bergizi dalam program diet yang sedang kita jalani juga akan membantu kita mengarahkan dan menghindarkan kita dari makanan yang tak bernutrisi  (junk food). Makanan yang baik tentu menyediakan banyak nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh kita untuk membantu Anda menurunkan berat badan dan mempertahankannya tanpa mengorbankan gizi dan rasa, seperti serat, protein, vitamin dan juga mineral.

6 Jenis makanan sehat pilihan saat Anda menjalankan diet

Berikut adalah beberapa bahan makanan yang bisa Anda prioritaskan saat Anda melakukan diet sehat, simak dibawah ini:

1. Roti Gandum

Gandum dan seluruh olahan makanan yang berbahan dasar gandum seperti roti gandum adalah salah satu contoh makanan yang sangat bermanfaat yang mungkin bisa Anda konsumsi saat Anda diet. Banyak pakar yang menyarankan bahwa kita harus mengurangi konsumsi kalori untuk menurunkan berat badan. Namun ini akan terasa agak sulit apabila tubuh Anda telah terbiasa dengan asupan kalori yang besar, karena Anda akan cenderung merasa cepat lapar dan selalu ingin makan yang banyak.

Disinilah gandum berperan, bahan makanan yang terbuat dari gandum akan membantu Anda merasa kenyang lebih lama, bahkan ketika Anda makan lebih sedikit makanan dari biasanya. Kenapa ini bisa terjadi? Jawabannya adalah karena gandum sangat kaya akan serat dan tinggi akan mikronutrien (vitamin dan mineral). Serat membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna daripada banyak makanan lainnya, dan inilah yang menyebabkan makan roti gandum dapat membuat Anda kenyang lebih lama.

2. Oat / Oatmeal

Oats atau biasa disebut oatmeal adalah makanan yang berasal dari gandum utuh. Oat sangat tinggi akan serat dan merupakan sumber protein yang baik. Perlu kita ketahui, bahwa Serat dalam gandum mengembang saat basah, dan ini membantu membuat Anda merasa kenyang jauh lebih lama dari saat Anda tidak mengkonsumsi Oat atau jenis olahan gandum.

Pada satu setengah cangkir gandum mentah menyediakan sekitar 13 gram protein, 8 gram serat dan 300 kalori.  Oats bisa dikonsumsi dengan cara dimasak atau mentah. Rendam gandum mentah dalam susu almond tawar atau susu tanpa lemak atau yogurt rendah lemak dalam semalam, tambahkan kayu manis, madu atau buah, dan Anda bisa menikmatinya saat sarapan.

3. Semua jenis sayuran hijau

Cara tercepat untuk meratakan perut yang membandel adalah dengan selalu menyertakan porsi sayuran berdaun hijau di setiap kali kita makan. Kale, bayam dan selada semua sangat rendah kalori, penuh serat dan menawarkan beberapa vitamin dan mineral penting yang membantu untuk meringankan retensi air tanpa menyebabkan kembung dan ketidaknyamanan.

4. Tomat

Tomat sangat Lezat dan penuh akan antioksidan, serta dapat membantu Anda untuk menurunkan berat badan. Kita bisa mengkonsumsinya dengan cara dimakan langsung, dijus, atau dijadikan bumbu atau tambahan pada hidangan santap makan Anda. Tomat diketahui dapat mengurangi peradangan dan retensi air dalam tubuh, serta membalikkan resistensi leptin. Leptin adalah jenis protein yang membantu mengatur tingkat metabolisme dan nafsu makan.

Tomat rendah akan kalori, mengandung cukup serat dimana pada masing-masing tomat menengah atau besar yang mengandung 1,5 atau 2,2 g serat,. Tomat juga memiliki kandungan gula alami, kalium, vitamin C, dan sejumlah kecil protein.

5. Cabai

Siapa yang tidak suka cabai? Ya, dengan sensasi pedasnya ,cabai merupakan salah satu bumbu masak andalan yang sering digunakan pada hampir begitu banyak makanan. Menambahkan cabai ke makanan Anda adalah cara yang bagus untuk meningkatkan metabolisme tubuh Anda dan dapat membantu Anda untuk membakar lemak lebih cepat. Pada satu buah cabai berisi pasokan sehari penuh beta karoten (yang sangat bagus untuk menjaga kesehatan kulit, rambut dan kuku) dan dua kali porsi harian yang direkomendasikan vitamin C – sebuah antioksidan penting yang membantu untuk melawan racun dan benda asing dalam aliran darah.

6. Beras Merah

Cobalah untuk mengganti nasi dari beras putih dengan beras merah saat Anda makan. Karena kandungan serat, vitamin E, fosfor, kalium, dan beberapa zat penting lainnya jauh lebih banyak dari pada beras putih. Makan nasi merah merupakan pilihan makanan yang sangat baik, apalagi saat kita mencoba untuk menurunkan berat badan. Beras merah merupakan sumber serat yang baik, yang akan membantu Anda menurunkan berat badan beberapa cara, yatu dengan menyeimbangkan gula darah untuk membantu Anda merasa kenyang.

Dalam satu cangkir beras merah rebus terdapat kira-kira 216 kalori, jika diperhatikan beras merah bukan makanan yang rendah kalori. Tapi tunggu dulu, beras merah tetap bisa masuk dalam rencana penurunan berat badan Anda, terutama jika Anda mengkombinasikannya dengan sayuran dan ayam tanpa lemak atau ikan untuk makan.

Sebenarnya masih banyak lagi bahan makanan yang bisa dijadikan makanan saat kita menjalani program diet, sehingga akan kita ulas pada artikel-artikel selanjutnya. Semoga bermanfaat.