5 Tips Agar Tidur Berkualitas – Saran Mayo Clinic

5 tips agar tidur berkualitas berikut ini adalah saran yang diberikan oleh Clinic Mayo supaya kita semua bisa mendapatkan tidur yang jauh lebih berkualitas daripada sebelumnya. Tidur yang berkualitas adalah cara terbaik untuk mengawali hari-hari kita penuh dengan kebugaran. Sedangkan tidur yang kurang baik justru akan membawa kita pada berbagai jenis gangguan kesehatan, seperti gangguan fisik, emosi, bahkan sakit kepala.

Tips Agar Tidur Berkualitas

Tips Agar Tidur Berkualitas
Image illustration credit: Hunter of dreams by Filip schneider, at www.freeimages.com/photo/8788

 

Pihak Mayo Clinic sangat sadar bahwa untuk mengawali hidup yang sehat bisa diawali dengan tidur yang berkualitas. Itulah dasar mengapa Mayo Clinic memberikan saran sehat yang tertuang dalam 5 tips agar tidur berkualitas kepada kita semua. Tidur adalah bagian yang sangat produktif dan kritis kehidupan, karena tidur adalah saat dimana kita akan merecharge ulang otak dan tubuh kita untuk hari lainnya. Namun sayangnya, sebagian dari kita banyak yang tidak tahu bagaimana caranya mendapatkan sebuah tidur yang berkualitas, entah karena terlalu sedikit atau malah terlalu banyak tidur, atau mungkin juga ada beberapa hal yang tidak kita sadari yang malah berakibat kualitas tidur kita menjadi berkurang. Oleh karenanya semoga tips agar tidur berkualitas saran dari Mayo Clinic ini bisa memberikan solusi untuk kita semua.

Ini Dia 5 Tips Agar Tidur Berkualitas – Saran Dari Mayo clinic

Tidur berkualitas seperti apa sih ? Wah, jika Anda sudah bertanya seperti ini berarti Anda sudah tidak sabar untuk mengetahui cara dan tips agar dapat tidur yang lebih berkualitas, benar kan. Mayo Clinic bersama staf-staf kesehatannya telah merancang beberapa buah tips yang baik untuk kita semua, berikut tipsnya:

  1. Makanlah (terutama makan malam) pada waktu yang sama setiap hari, setidaknya dua sampai tiga jam sebelum kita beranjak tidur.
  2. Batasi tidur siang Anda, cukup 30 menit saja setiap hari, dan setidaknya Anda melakukannya enam sampai delapan jam sebelum Anda tidur malam.
  3. Tetap aktif. Anda bisa melakukan aktifitas seperti biasa yang jelas berhubungan dengan aktifitas yang membuat Anda bergerak setidaknya 20 sampai 30 menit hampir setiap hari, lakukan setidaknya 4-6 jam sebelum tidur. Tapi kalau masalah ini, Admin yakin dengan rutinitas sehari-hari saja semuanya sudah terpenuhi.
  4. Batasi asupan kafein Anda, dan menghindarinya setelah tengah hari. Juga menghindari stimulan seperti dekongestan dan nikotin.
  5. Pergi tidur pada waktu yang sama setiap malam dan bangun pada waktu yang sama setiap pagi – bahkan pada akhir pekan.

Tidur berkualitas berapa jam ? lamanya waktu tidur yang sehat dan berkualitas untuk kebanyakan orang dewasa adalah tujuh sampai delapan jam setiap harinya. Jadi aturlah sendiri waktu tidur Anda sesuai dengan rutinitas Anda, yang jelas ke-5 aspek tadi dapat terpenuhi guna mendapatkan tidur yang lebih berkualitas. Anda juga bisa mematikan TV, Radio, menjauhkan Handphone, atau mematikan lampu untuk menambah kenyamanan saat Anda tidur.

Sebagai tambahan informasi saja untuk kita semua. Terkadang kita sering menyalakan TV atau Radio untuk membantu kita tidur. Namun sebenarnya, hal tersebut sangatlah tidak baik untuk diri kita. Memang benar kita akhirnya terpejam dan tidur meski TV atau radio tersebut menyala. Tapi sebenarnya otak kita terus bekerja menangkap semua bunyi dan cahaya yang masuk lewat telinga dan cahaya yang menembus kelopak mata kita. Alhasil, otak yang seharusnya ikut beristirahat akhirnya akan terus bekerja menerima informasi dan rangsangan yang masuk. Jadi, matikanlah semua peralatan tersebut ketika Anda tidur.

Akhir kata, semoga tips agar tidur berkualitas dari Mayo Clinic ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Jangan lupa like and share artikel ini jika dirasa bermanfaat. Like and share mungkin hal yang sepele bagi Anda, tapi bagi kita, hal tersebut adalah semangat untuk kita, agar dapat menulis dan memberikan informasi terbaik untuk pembaca semua. Terima kasih.