5 Resep Ayam Diet Mayo – Tetap Enak Tetap Langsing

Ini dia 4 buah resep ayam diet mayo yang perlu Anda coba. Resep ini adalah beberapa resep hasil modifikasi para netter yang pernah menjalankan diet mayo tanpa harus mengikuti 100% panduan dari menu asli dari diet mayo 13 hari. Meski demikian, mereka yang menjalankan diet mayo dengan menu-menu hasil modifikasi ini tetap bisa menurunkan berat badan’nya looh.

5 Resep Ayam Diet Mayo

5 Resep Ayam Diet Mayo

Nah, resep ayam diet mayo ini intinya adalah memodifikasi rasa dari ayam yang biasanya hambar karena cuman direbus aja, menjadi lebih enak dan lebih berasa karena dimodifikasi dengan bumbu dan rempah, meski tetap tidak diberi garam atau penyedap rasa. Jadi dari pada gigitin daging ayam yang konon katanya hambar and susah di’telen, mending coba aja yuk 4 resep ayam diet mayo berikut ini.

Ini Dia 5 Jenis Resep Ayam Diet Mayo Yang Harus Anda Coba

Sekarang siapkan alat tulis dan buku catatan’nya, biar tidak lupa atau hilang ditelan waktu, hihihihi. Seperti yang tadi kita sebutkan diawal, ada 4 resep ayam modifikasi yang akan kita share. Diantaranya adalah:

  • Pepes Ayam Ala Bunda Aisa
  • Tim Ayam Ala BlinkMom
  • Ayam Bumbu Sambal dabu-Dabu
  • Ayam Shawarma – Masakan Lebanon

Oh iya, sebenarnya beberapa dari resep ini sudah pernah admin ulas satu persatu dalam artikel yang sebelumnya. Tapi tak apalah, kita munculkan kembali supaya Anda yang belum pernah membacanya bisa ikut menulis resepnya. Dan tak lupa admin juga tambahkan sebuah resep baru yang admin dapat setelah ubek-ubek jagat maya ini.

Yaaaa, meski belum pernah mencobanya sendiri, tapi menurut sang empunya resep seeh resep ayam diet’nya jauh lebih enak ketimbang ayam yang cuman dikukus doang.

1. Pepes Ayam Ala Bunda Aisa

Awal cerita, seperti yang dipaparkan oleh Bunda Aisa sang pemilik resep, ide ini terlintas ketika Bunda Aisa sedang memikirkan bagaimana caranya supaya rasa ayam yang ada didalam menu diet mayo ini bisa menjadi sedikit lebih enak, dan tidak hanya terasa hambar saja.

Nah disaat itulah, terlintas juga ide untuk mencoba memodifikasi ayam kukus yang hambar tersebut menjadi resep ayam diet mayo dengan cara dibuat pepes ayam, dengan harapan ayamnya menjadi lebih berasa dan enak. Lagian, pepes ayam itukan kaya akan rempah dan juga bumbu, sehingga akan jauh lebih enak dan berasa meski tetap tidak memakai garam atau penyedap rasa. Dan menurut Bunda Aisa sehh resep ayam ini jauhh lebih enak.

Bahan pepes ayam:

  • Pertama, siapkan cukup 2 lembar daun salam
  • Lalu 1/3  ruas jahe
  • Daun bawang secukupnya
  • 1/2 ruas laos
  • Kunyit, seujung jari saja
  • Sereh secukupnya
  • Kemudian bawang merah sebanyak 3 siung
  • bawang putih 1/2 siung, atau sesuai selera
  • Cabe secukupnya atau sesuai selera
  • 2 buah Kemiri
  • Ayamnya bisa beberapa potong, sesuaikan saja dengan bumbu
  • Daun pisang secukupnya

Cara membuat:

  • Untuk membuatnya Anda haluskan bumbu bumbu seperti:
    • bawang merah
    • bawang putih
    • 1/3 jahe
    • sereh
    • kunyit
    • cabe
    • Semuanya dihaluskan dengan cara di’ulek. Usahakan jangan pakai blender, kan itung itung olah raga, heheheh.
  • Kemudian, laos ½ ruas laos digeprek dan campurkan dengan bumbu yang tadi sudah di’ulek
  • Lalu
    • daun bawang
    • daun salam
    • dan sereh dimasukan kedalam campuran bumbu
  • Setelah semua bumbu tercampur kemudian dibalurkan pada ayam sampai rata
  • Lalu bungkus menggunakan daun pisang
  • Kukus hingga matang selama ± 45 menit

Sekarang resep ayam untuk diet mayo yang pertama yaitu “Pepes Ayam Ala Bunda Aisa” sudah selesai dan siap untuk menggantikan resep ayam kukus standar yang tidak ada rasanya.

Link credit untuk pemilik resep ada disini: Resep ayam Bunda Aisa

2. Tim Ayam Ala BlinkMom

Resep ayam diet mayo yang kedua ini admin dapat dari  seorang netter bernama Bunda Inge Sastra yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga, dimana beliau menshare beberapa resep hasil modifikasi yang salah satunya adalah resep tim ayam yang admin share ini.

Jadi sama seperti pejuang diet mayo lainnya, Bunda Inge juga sepertinya memodifikasi menu diet mayo yang ada supaya bisa lebih enak saat dimakan, dan sapa tau ada yang mau pesan catering kepada Bunda Inge, heheheh. Seperti kutipan guyonan’nya yang beliau tulis di blog’nya.

” Pemirsaa, Saya ingetkan lagih yaaa, Saya ini cuma koki rumahan, koki eksklusif’nya keluarga Saya, daaaaaann…..amatir pula ” Tulis Bunda Inge di blognya, hehehhe.

“Jadi kalo mungkin ada yang ga pas, ga sesuai, ga cocok yaaa dimaklumi aja yaaaa… ;P Saya cuma mo sharing aja nih sambil cari duit siapa tau ada yang mau catering menu diet mayo sama saya 😉 hahhaaaa dasar nieh pedagang bangett hahhaaa… ” tambahnya, sambil becandaa.

Oke deh, back to menu. Berikut ini bebrapa bahan yang harus Anda siapkan.

  • Siapkan kira-kira daging ayam kampung sebanyak 150gr
  • Bawang putih sebanyak 3 siung, lalu cincang halus
  • Bawang bombay sebanyak 1/4 buah, lalu iris halus
  • 1/4 sdt unsalted butter
  • jahe secukupnya saja, iris-iris
  • Daun bawang 1 tangkai, dipotong panjang
  • Cabe merah keriting 2 buah, atau disesuaikan saja dengan selera masing-masing
  • Merica sedikit

Setelah Anda siapkan semua bumbu dan bahannya, berikut ini cara memasaknya.

  • Pertama, tumis terlebih dahulu bawang bombay, bawang putih, jahe, dan butter sebentar saja
  • Kemudian siapkan wadah tahan panas, lalu masukan ayam beserta tumisan tadi, lalu beri air secukupnya
  • Setelah selesai, lalu kukus ± 40 – 50 menit dengan api yang sedang
  • Ketika proses pengukusan baru setengah jalan, Anda masukan potongan daun bawang, cabe merah, dan tak ketinggalan merica, lalu kemudian diaduk-aduk. Kemudian lanjutkan proses mengukusnya hingga ayam matang dan empuk.

Lalu bagaimana rasanya, apakah enak? Berikut ini penuturan Bunda Inge yang beliau tulis di blog’nya.

” Dan hasilnyaaaa….. hualaaa!!! Kata suami sih enak,loh.. dan dia nggak berasa dibawah ancaman kok hahaaa ;p senangnyaaaaa… *kecup kecup suami ….tiittttt, sensor…!!!*” Tulis Bunda Inge Sastra di blog’nya, hhihihihiihi.

Wiiihhh, seneengnyaa. Ternyata Bunda Inge diet’nya dibarengi sang suami, xixixi. Nah sekarang apa Anda mau berniat mencoba resep ayam diet mayo ala Bunda Inge ini. Kalo iya, segera catat yah dari pada entar malah lupa.

link credit: Resep tim ayam ala Bunda Inge Sastra

Lalu untuk resep yang ketiga dan ke’empat Anda bisa membacanya pada artikel yang terpisah yang ada dibawah ini. Jadi supaya artikel ini tidak terlalu panjang dan juga tidak terlalu dobel informasi..

3. Resep Ayam Bumbu Sambal dabu-Dabu Untuk Diet Mayo

4. Resep Ayam Shawarma – Masakan Lebanon

5. Ayam Panggang Rosemary

Jangan lupa tuh dicatat tuuhh semua resep-resep’nya, karena susah looh nyari resep-resep makanan untuk diet mayo. Terlebih resep ayamnya.

Kalo sudah dicatat, jangan lupa dicoba juga tuh resep-resepnya. Mudah-mudahan jauh lebih enak ketimbang cuma gigitin daging ayam kukus yang hambar and konon susah buat ditelan, hehehhe.

Nanti jika kita dapet lagi resep-resep ayam untuk diet mayo ini, pasti bakalan kita share lagi di artikel berikutnya. So, jangan lupa like and share juga artikelnya yah. Akhir kata semoga info singkat mengenai “resep ayam diet mayo” ini bermanfaat untuk kita semua.