5 Makanan Pantangan Penderita Diabetes

Makanan pantangan bagi penderita diabetes, adalah makanan yang wajib dihindari bagi mereka-mereka yang mengidap penyakit diabetes. Karena makanan tersebut bukannya memberi manfaat, tapi malah akan membuat penyakit diabetes semakin memburuk.

Tingginya kadar gula darah pada penderita diabetes biasanya terjadi sebagai akibat insufisiensi fungsi hormon insulin  (ketidakmampuan fungsi insulin untuk bekerja secara normal), atau bisa juga karena kurangnya hormon insulin. Keadaan ini biasanya disertai gangguan metabolisme karbohidrat, lemak dan protein serta ditandai dengan tingginya kadar gula dalam darah (hiperglikemia) dan dalam urin (glukosuria).

5 Makanan Pantangan Penderita Diabetes
Image credit: Burger by Rob Owen-Wahl, at www.freeimages.com/photo/1097100

Berikut ini adalah beberapa makanan yang sebaiknya dihindari para penderita diabetes, simak selengkapnya

Makanan Pantangan Bagi Penderita Diabetes

1. Penderita diabetes jangan makan mie dan pasta

Glikemik tinggi ditemukan hampir di sebagian besar pasta dan mie, ini berarti makanan tersebut dibuat menggunakan karbohidrat sederhana seperti tepung terigu halus atau beras. Penderita diabetes harus berhati-hati untuk tidak makan terlalu banyak pasta. Makan pasta yang terbuat dari biji-bijian dengan saus rendah karbohidrat yang kaya protein dan dengan banyak sayuran hijau dan merah dapat mengurangi beberapa efek yang kuat pasta di tingkat gula darah.

2. Penderita diabetes Kurangi, bahkan hindari makan nasi

Nasi putih mengandung karbohidrat sangat tinggi. Lalu apakah penderita diabetes tidak boleh makan nasi? Jawabannya adalah boleh saja, asalkan sesuai dengan kebutuhan. Meski begitu, sebenarnya kita bisa mengganti nasi putih tersebut dengan nasi dari beras merah. Nasi beras merah malah lebih bagus daripada nasi putih karena memiliki kadar serat yang lebih tinggi, membuat kenyang lebih lama serta indeks glikemiknya yang rendah dibandingkan dengan nasi putih.

3. Penderita Diabetes hindari mengkonsumsi kentang

Selain kandungan karbohidratnya yang tinggi, kentang juga mengandung gula dan pati yang tinggi pula. Untuk itu sebaiknya penderita diabetes menghindari mengkonsumsi kentang, baik itu yang direbus, dipanggang, bahkan yang digoreng.

4. Penderita diabetes sebaiknya makan roti gandum daripada roti putih

Maksud dari roti putih adalah roti yang terbuat dari tepung putih atau tepung terigu. Sama halnya dengan nasi putih, kandungan karbohidrat sederhananya bisa mengakibatkan gula darah naik. Anda bisa menggantinya dengan roti yang terbuat dari gandum yang kaya akan serat.

5. lemak

The American Diabetes Association memperingatkan bahwa penderita diabetes memiliki risiko lebih besar untuk terkena serangan jantung dan stroke, sehingga  harus menghindari makanan yang dibuat dengan menggunakan lemak trans atau lemak jenuh. Lemak trans adalah lemak yang terbentuk dari lemak cair dibuat menjadi lemak padat dengan penambahan atom hidrogen pada molekulnya.  Contohnya seperti mentega dan margarine.

Itulah 5 makanan pantangan bagi penderita diabetes, yang sebaiknya dihindari karena bsia memperburuk kondisi penyakit diabetes tersebut. Pada artikel selanjutnya tipsdiet.net juga akan terus membahas jika ada info-info baru mengenai diabetes ini yang sudah barang tentu mudah-mudahan ada manfaatnya untuk semua yang membutuhkan.