5 Bahan Obat Pelangsing Alami

Artikel ini akan membahas 5 bahan obat pelangsing alami yang sering dijadikan bahan-bahan pada ramuan tradisonal untuk melangsingkan tubuh secara alami. Bahan tersebut berasal dari tanaman yang diantaranya mungkin sering kita dengar, atau sering dijumpai pada ramuan-ramuan herbal pelangsing tubuh, sehingga banyak dijual secara satuan, atau sering juga djual secara paket yang sudah dicampur dengan bahan-bahan herbal lainnya guna menambah khasiatnya.

5 Bahan Ramuan Alami Untuk Obat Pelangsing Alami

5 Bahan Obat Pelangsing Alami

Dari sekian banyak bahan yang sering digunakan untuk ramuan pelangsing, 5 bahan berikut ini perlu Anda ketahui, diantaranya adalah:

Jati Belanda / Daun Jati Belanda

Jati Belanda yang mempunyai nama latin Guazuma ulmifolia Lamk, adalah tanaman dengan bentuk daun bulat telur yang meruncing ke’ujung, berbulu dipermukaan dan bergerigi dibagian tepinya. Bagian dari tanaman jati belanda yang sering digunakan untuk ramuan obat pelangsing tubuh alami adalah bagian daunnya.

Kandungan kimia yang terdapat pada tanaman jati belanda meliputi:

  • Kulit Jati Belanda: Kulit tanaman jati belanda mengandung asam damar & zat samak
  • Daun, buah dan bagian biji jati Belanda: Minyak lemak, glikose, asam fenolat, tannin, steroid atau triterpenoid, karotenoid, karbohidrat, dan saponin.

Ingin lebih tahu lagi mengenai Jati Belanda, baca disini: Manfaat Daun Jati Belanda Untuk Diet

Bangle

Bangle yang mempunyai nama latin Zingiber purpureum, adalah salah satu dari keluarga rimpang seperti, kunyit, jahe, temulawak, dan kencur. Tanaman bangle adalah salah satu tanaman obat yang mempunyai banyak khasiat, dan salah satunya adalah digunakan sebagai ramuan herbal untuk obat pelangsing alami. Bagian dari tanaman bangle yang digunakan sebagai bahan ramuan pelangsing adalah bagian rimpangnya.

Anda bisa menjadikan Bangle sebagai tanaman pekarangan, asalkan mendapat cukup sinar matahari, tanah yang gembur dan juga subur. Tanaman bangle merupakan tanaman tropis yang tingginya kurang lebih bisa mencapai 2m, dan bisa tumbuh hingga ketinggian 1300 diatas permukaan laut.

Kandungan senyawa yang terdapat pada bangle seperti: minyak asiri (sineol, pinen, sesqueterpin), damar, gom, lemak, albuminoida, dan beberpa senyawa lainnya.

Teh Hijau

Untuk yang satu ini mungkin tak perlu admin jelaskan panjang lebar lagi. Teh hijau yang sering kita jadikan minuman dan kaya zat antioksidan ini ternyata merupakan salah satu obat pelangsing alami yang mungkin belum semua orang tahu.

Selain kandungan zat antioksidan, teh hijau mengandung tanin dan beberapa zat aktif lain yang konon mampu melarutan lemak. Salah satunya adalah senyawa fenolat yang dapat menghambat peroksidasi lemak. Biasanya dipasaran ramuan pelangsing alami teh hijau bisa kita jumpai berupa ramuan yang sudah dikombinasikan dengan beberapa bahan alami lainnya, seperti misalnya jati belanda, kayu rapat, adas, dan temu giring.

Delima Putih

Delima putih adalah salah satu tanaman perdu berbatang kayu bercabang banyak serta di ketiak daunnya terdapat duri-duri. Delima Putih bisa tumbuh hingga ketinggian mencapai 5 m, dengan daun berwarna hijau mengkilat ddipermukaanya.

Bagian dari tumbuhan delima putih yang sering digunakan untuk ramuan pelangsung tubuh ini adalah bagian akar, bunga, kulit buah, dan kulit batang. Bagian-bagian tersebut banyak mengandung tanin yang mampu melarutkan lemak. Selain itu, delima putih juga sering digunakan sebagai ramuan untuk  mengobati penyakit cacing (tambang dan pita), diare, serta obat batuk, dan bagian yang digunakannya adalah bagian kulit dan akar.

Jeruk Nipis

Admin rasa, semua sudah sangat familiar dengan jeruk nipis. Salah satu bahan yang sering dijadikan bumbu masak serta penambah aroma pada banyak masakan karena baunya yang khas dan menyegarkan. Jeruk nipis banyak mengandung senyawa penting seperti asam sitrat, lisin, minyak atsiri, glukosida, asam amino triptofan, dan vitamin B.

Biasanya air dari perasan jeruk nipis inilah yang digunakan dan ditambahkan pada ramuan pelangsing alami lainnya guna menambah kahisat dan efek yang ditimbulkan.

Itulah 5 bahan alami yang sering digunakan untuk ramuan melangsingkan tubuh. Biasanya bahan-bahan tersebut dicampur dengan bahan alami lainnya guna menambah manfaat serta khasiatnya. Pada artikel berikutnya admin juga akan share cara membuat ramuan obat pelangsing alami yang sering digunakan untuk melangsingkan tubuh dari beberapa bahan yang tadi disebutkan diatas. Semoga bermanfaat.