4 jenis Makanan yang Dapat Membantu Membakar Lemak

Jika Anda ingin hidup sehat, maka mulailah dengan gaya hidup yang sehat pula. Mulailah dengan memberi perhatian khusus terhadap pilihan makanan yang Anda konsumsi. Kebanyakan orang yang gagal dalam melakukan rencana diet mereka adalah karena mereka memiliki kecenderungan untuk memiliki terlalu banyak asupan jenis makanan yang salah, sehingga selama apapun mereka mencoba maka hasilnya akan sia-sia.

Makanan yang Dapat Membantu Membakar Lemak

Makanan yang Dapat Membantu Membakar Lemak
Image credit: Abdomens by Geo C, at www.freeimages.com/photo/809234

Berikut ini adalah 4 jenis makanan yang dipercaya dapat membantu membakar lemak Anda.

1. Oatmeal

Oatmeal mungkin masih terdengar asing oleh sebagian masyarakat kita, tapi ini adalah salah satu makanan sehat yang harus Anda coba. Oatmeal mengandung serat, yang merupakan bahan yang sangat membantu dalam menurunkan kadar kolesterol seseorang. Selain itu, serat juga memainkan peran penting dalam mempercepat metabolisme seseorang. Menurunkan kadar kolesterol dan metabolisme yang baik dapat membantu membakar lemak.

2. Cabai

Ketika Anda makan makanan pedas, maka tanpa Anda sadari sebenarnya makanan ini telah meningkatkan suhu tubuh Anda. Ini terlihat ketika Anda sedang makan makanan pedas lalu tubuh Anda mulai berkeringat. Dengan membuat panas, maka sebenarnya proses metabolisme akan semakin cepat dan perlu banyak kalori yang dibakar dalam upaya untuk mendinginkan kembali tubuh Anda.

3. Cinnamon atau Kayu Manis

Mungkin tidak banyak yang tahu kalau cinnamon atau kayu manis bisa bermanfaat untuk membantu menurunkan lemak di perut Anda. Cinnamaldehyde, inilah nama senyawa aktif dalam kayu manis yang mempunyai manfaat untuk membantu menurunkan jumlah lemak tubuh, dan senyawa ini pula yang juga memberikan rasa pada kayu manis. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Jepang yang diterbitkan dalam “Journal of Science Gizi dan Vitaminology” pada tahun 2012, dilakukan percobaan pada dua kelompok tikus dengan cara diberi diet tinggi lemak dan sukrosa. Satu kelompok diberi cinnamaldehyde (senyawa aktif yang terdapat pada kayu manis) setiap hari, dan yang lainnya tidak. Setelah satu bulan, para ilmuwan menemukan bahwa tikus yang diberikan cinnamaldehyde telah kehilangan lemak visceral, sedangkan kelompok kontrol tidak. Mereka menyimpulkan bahwa cinnamaldehyde yang merangsang metabolisme jaringan lemak visceral, menunjukkan bahwa kayu manis dapat berguna dalam mengurangi lemak perut.

Lemak visceral adalah lemak yang tersimpan di perut , dan ini berbeda dengan lemak subkutan yang disimpan di tempat lain. Menurut Harvard Medical School, lemak perut menunjukkan risiko yang lebih besar terkena penyakit jantung dan diabetes

4. Apel
Pektin yang ditemukan dalam apel membatasi jumlah lemak yang diserap oleh sel. Lalu antioksidan dalam apel juga dapat menurunkan risiko sindrom metabolik, sebuah kondisi di mana pinggang mengental menciptakan apa yang kadang-kadang disebut sebagai bentuk apel pada perut. Menurut ilmu kesehatan, Sindrom metabolik adalah kumpulan dari bermacam jenis gangguan metabolisme yang dapat meningkatkan resiko kesehatan di masa depan, seperti: konsentrasi gula darah meningkat, gangguan metabolisme lemak, peradangan pembuluh darah kronis, kerusakan pembuluh darah, tekanan darah meningkat, dan asam urat meningkat

Menyadari makanan yang Anda masukkan ke dalam tubuh Anda dapat memiliki dampak besar pada penurunan berat badan dan kebugaran, itulah mengapa begitu penting bahwa Anda makan makanan yang akan bekerja untuk Anda, bukan melawan Anda.