3 Cara Kacang-Kacangan Membantu Menurunkan Berat Badan Anda

Sering kita mendengar bahwa kacang-kacangan dapat membantu menurunkan berat badan kita. Sehingga tak salah jika banyak yang menyebut bahwa kacang-kacangan bukanlah sekedar makanan biasa, tapi kacang ibarat sebuah permata kecil yang penuh akan gizi. Tapi tak hanya itu, kacang juga mempunyai rasa yang enak, gurih, dan bisa kita konsumsi baik sebagai cemilan, dibikin sup kacang, sebagai bahan tambahan untuk makanan, bahkan bisa dimasukan kedalam minuman seperti smoothies.

Mungkin banyak yang bertanya, sebenarnya apa sih kelebihan kacang sehingga banyak informasi yang beredar bahwa kacang-kacangan dapat membantu menurunkan berat badan seseorang. Nah sedikit informasi saja dulu untuk Anda sebelum kita menjelaskan lebih lanjut, bahwa kacang-kacangan bisa membantu diet seseorang karena kandungan fibernya, karena kandungan proteinnya yang tinggi, serta sebagai cemilan sehat saat kita sedang menjalankan diet.

Nah bagaimana, sudah ada sedikit gambaran kan. Tapi kalau belum cukup juga informasinya, oke deh kita kasih infonya yang lebih lengkap berikut ini.

Bagaimana kacang-kacangan dapat membantu menurunkan berat badan

Artikel sebelumnya kita membahas manfaat kacang untuk kesehatan jantung, dimana orang yang mengkonsumsi kacang diketahui bahwa tingkat kadar LDL (Low Density Lipoprotein) atau kolesterol jahat didalam darahnya akan rendah. Dimana LDL adalah penyebab utama dari penyakit jantung. Kali ini sedikit informasi untuk Anda, tentang kenapa kacang bisa bermanfaat untuk orang yang sedang berusaha untuk menurunkan berat badannya.

Kacang tinggi akan kandungan fiber atau serat

Anda tentu sudah tahu apa manfaat fiber atau serat pada tubuh bukan. Saat kita mengkonsumsi kacang-kacangan, kandungan fiber atau seratnya akan membuat pencernaan bekerja lebih lambat sehingga kita akan merasa kenyang lebih lama. Sehingga hal ini setidaknya akan membantu Anda supaya tidak makan secara berlebihan.

Sebagian besar jenis kacang memiliki antara 11 dan 15 gram serat per cangkir’nya. Sehingga hampir memenuhi setengah atau lebih dari kebutuhan fiber harian kita.

Tapi kita tidak perlu makan sepiring kacang polos saat menyantapnya, pada kenyataannya, kita dapat menambahkan kacang pada setiap makanan yang kita konsumsi, bahkan untuk smoothies sekalipun. Kita bisa memasukannya dalam telur orak-arik, menambahkannya ke sup, hidangan pasta, atau sebagai topping pada pizza buatan sendiri.

Kacang tinggi akan kandungan protein

Protein memainkan peran penting dalam penurunan berat badan. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam “Journal of Federation of American Societies for Experimental Biology,” tahun 2013, peneliti menemukan bahwa peserta yang makan ganda dalam hal asupan protein harian dari yang direkomendasikan ternyata bisa kehilangan massa lemak dan juga bisa meningkatkan metabolisme daripada mereka yang makan asupan protein biasa.

Bukan hanya vegetarian yang boleh makan kacang, non vegetarian juga bisa mengkonsumsinya. Kandungan protein pada kacang juga tak kalah jika dibandingkan dengan protein yang berasal dari daging hewani. Jadi mulai saat ini jangan hanya berfokus pada daging sapi, ayam, telur, atau susu saja saat kita berfikir tentang sumber protein.

Protein tinggi pada kacang dapat membantu menjaga tingkat energi dan gula dalam darah kita stabil, sehingga membantu mencegah keinginan kita untuk mengkonsumi makanan manis yang cenderung tinggi akan kalori namun kosong akan gizi.

Kedelai adalah salah satu sumber protein nabati terkaya. Anda akan mendapatkan lebih dari 28,5 gram protein dari 1 cup kedelai rebus. Kacang navy yang sudah dimasak memiliki hampir 16 gram protein per cup, sedangkan kacang pinto menawarkan lebih dekat dengan 15,5 gram protein untuk ukuran porsi yang sama. Sedangkan kacang merah dan kacang hitam masing-masing memiliki kandungan protein yang sama, menyediakan sekitar 15,25 gram protein /cup.

Bisa menjadi snack yang menyehatkan dikala diet

Beberapa kali kita pernah menuliskan bahwa kacang-kacangan dapat membantu menurunkan berat badan saat seseorang yang sedang menjalani sebuah program diet. Caranya adalah dengan menjadikannya snack atau cemilan sehat disaat kita merasa lapar diluar jam makan. Kandungan 2 nutrisi penting seperti protein dan seratnya yang tinggi inilah yang membuat kacang bisa memberikan rasa kenyang.

Beberapa contohnya adalah kacang almond, walnuts, mete, kacang pistachio, dan yang terakhir adalah jenis kacang yang paling fenomenal di Indonesia, apalagi kalo bukan kacang tanah rebus, (^_^).

Nah gimana, sekarang makin tertarik untuk mengkonsumsi kacang-kacangan. Jadi, jika sudah tahu manfaatnya tersebut, maka tidak ada salahnya kalo banyak statment yang menyebut kacang-kacangan bisa membantu untuk menurunkan berat badan.