2 Resep Obat Pelangsing Alami Menggunakan Jati Belanda

Kali ini Admin akan memberikan 2 resep obat pelangsing alami menggunakan daun jati belanda. Jati Belanda memang sudah sejak lama dikenal sebagai bahan herbal yang digunakan dalam berbagai ramuan obat pelangsing alami. Khasiatnya yang istimewa dalam menurunkan berat badan, seperti mengurangi napsu makan, mengurangi absorpsi lemak dalam tubuh, dan melencarkan buang air besar mungkin didapat karena kandungan senyawa bermanfaat yang terkandung dalam tanaman ini.

Cara Membuat Pelangsing Alami Menggunakan Jati Belanda

Resep Pelangsing Alami dari Bahan Herbal

Pada 2 resep pelangsing alami jati belanda berikut ini, tanaman jati belanda dicampur dengan bahan herbal lainnya seperti rimpang bangle, meniran, dan juga kulit pulai. Berikut cara membuatnya:

1. Ramuan Pelangsing Alami Jati Belanda – Mangle

Pembuatan ramuan pelangsing alami berikut ini cukup mudah, dan bahannyapun tidak terlalu banyak.

Bahan:

  • Siapkan kira-kira 7 lembar daun jati belanda
  • 1 ruas bangle segar
  • Kemudian air matang secukupnya

Cara Membuat:

  • Cuci terlebih dahulu semua bahan (daun jati belanda dan rimpang bangle) menggunakan air, hingga bersih
  • Lalu setelah bersih, potong potong kedua bahan tersebut kecil-kecil
  • Setelah terpotong kecil-kecil kemudian tumbuk sampai halus (bisa menggunakan alu / penumbuk dari kayu), lalu beri air sedikit demi sedikit
  • Bahan yang sudah ditumbuk dan diberi air tadi kemudian kita peras untuk mendapatkan sarinya sebanyak 1 gelas

Cara penggunaan:

1 gelas ramuan pelangsing alami daun jati belanda dan bangle ini kita bagi 2 (masing-masing ½ gelas). Cara meminumnya adalah ½ gelas dipagi hari dan ½ gelas lagi disore atau sebelum tidur. Disarankan meminum ramuan ini tidak kurang dari 30 hari untuk mendapatkan khasiatnya.

2. Ramuan Pelangsing daun jati Belanda, Meniran & Pulai

Ramuan pelangsing yang kedua ini daun jati belanda dicampur dengan 2 bahan herbal lainnya, yaitu meniran dan pulai. Berikut cara membuatnya:

Bahan:

  • Siapkan kira-kira 15 lembar daun jati belanda
  • 5 batang meniran
  • Kulit kayu pulai
  • Air matang ± 2 gelas]

Cara Membuat:

  • Seperti biasa potong kecil-kecil semua bahan lalu masukan kedalam panci kecil
  • Masukan air matang tadi kedalam panci lalu rebus semua bahan sambil ditutup
  • Tunggu kira kira 15-20 menit sampai air mendidih
  • Bagi dua air rebusan tersebut untuk diminum pagi dan sore

Keterangan Tambahan:

Meniran adalah salah satu tanaman obat dengan nama latin Phyllanthus niruri linn. Di indonesia sendiri tanaman ini sering mempunyai nama yang berbeda, seperti: Jawa: meniran, daun gendong anak. Sunda: meniran merah, meniran ijo, memeniran. Ternate: gosau ma dungi, dukung-dukung anak. Tanaman ini menjadi populer setelah beberapa uji klinis menunjukan bahwa tanaman ini dapat mendongkrak sistem kekebalan tubuh. Meniran mengandung senyawa penting seperti plafonoid yang mampu merangsang sistem kekebalan tubuh seseorang (sistem auto imun) supaya dapat berkerja lebih baik lagi.

Pulai, mempunyai nama latin Alstonia Scholaris, adalah sebuah tanaman berbentuk pohon yang bisa mencapai ketinggian 40-45m, berbatang tegak. Bagian yang digunakan sebagai obat pada tanaman ini adalah kulit pohonnya, dan kandungan kimia yang terdapat pada tanama ini adalah kimia antara lain saponin, flavonoid, polifenol, alkaloida ditamine dan beberapa senyawa lainnya. Manfaat dari tanaman ini antara lain adalah untuk mengatasi demam, penyakit malaria, diare, darah tinggi, kencing manis dan lain-lain.

Bagi Anda yang hendak mencoba ramuan ini mugkin khasiat dan manfaat bagi setiap orang akan berbeda. Apabila terjadi efek samping setelah penggunaan sebaiknya tidak diteruskan. Saran dari admin sendiri adalah, cobalah mencari beberapa referensi lainnya akan manfaat dari ramuan obat pelangsing jati belanda yang akan dicoba tersebut untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan.

Sumber:  Semua resep herbal pelangsing alami ini didapat dari buku 17 Alternatif Untuk Langsing, Oleh Rita Ramayulis, DCN, Mkes & Lilis Christine Lesmana